Sunday, 27 September 2015

contoh laporan tugas akhir


LAPORAN TUGAS AKHIR
PROJECT WORK
2013/2014










Disusun oleh
……………………………………………………..



SMK ………………………………………….
Jl. …………………………………………………………………
Kec. ………………………………………..










LEMBAR PENGESAHAN
PROJECT WORK
SMK ………………………………
TAHUN PELAJARAN 2013 - 2014

Nama                          : ……………………………….
Program Keahlian     : Pemasaran
Judul                          : Usaha “Onde Ubi”


                                                                       Bogor,  …………………….. 2014

                      Menyetujui                                                  Menyetujui
            Ka. Program Pemasaran                                       Pembimbing





………………………………..                           ……………………………          


Mengesahkan,
Kepala Sekolah …………………………..





……………………………………..







KATA PENGANTAR

Puji dan syukur kami panjatkan kepada Allah SWT karena atas rahmat dan keridhoan-Nya, kami bisa membuat suatu gagasan usaha yang insya Allah akan bermanfaat bagi kami sebagai  pemilik usaha, investor, dan umumnya masyarakat.
Dalam kesempatan ini penulis ingin mengucapkan banyak terima kasih yang setulus-tulusnya kepada pihak-pihak yang telah membantu dalam penyusunan laporan ini, diantaranya :
1.      Kepada Allah SWT yang telah memberikan kesehatan kepada saya
2.      Kepada kedua orang tua dan keluarga yang saya cintai
3.      Kepada Alm. Bapak ……………….. selaku pimpinan yayasan …….
4.      Kepada Bapak …………….. selaku kepala sekolah SMK ……………
5.      Kepada Bapak …………. selaku wakil kepala sekolah SMK ………..
6.      Kepada Bapak ………………, . selaku guru pembimbing sekaligus kepala sekolah Co2
7.      Kepada seluruh keluarga besar SMK ……………………
8.      Kepada para rekan dan sahabat yang saya sayangi
Harapan penulis semoga hasil laporan ini dapat bermanfaat bagi penulis khususnya bagi pembaca umumnya.


Bogor, Januari 2014
……………………..




DAFTAR ISI

KATA PENGANTAR ..................................................................................
DAFTAR ISI .................................................................................................
BAB I PENDAHULUAN..............................................................................
1.1.Latar Belakang ................................................................................
1.2.Tujuan..............................................................................................

BAB II PEMBAHASAN ..............................................................................
2.1. Deskripsi Usaha.............................................................................
2.2. Deskripsi Produk ..........................................................................
2.3. Deskripsi Proses Produksi .............................................................
2.4. Deskripsi Pemasaran .....................................................................
2.5. Deskripsi Keuangan.......................................................................

BAB III PENUTUP ......................................................................................
3.1. Kesimpulan ...................................................................................
3.2. Saran  ............................................................................................
LAMPIRAN





BAB I
PENDAHULUAN

1.1.Latar Belakang
Semakin meningkatnya kebutuhan masyarakat dalam memenuhi kebutuhan mereka terutama dalam hal makanan yang sangat dibutuhkan oleh semua makhluk hidup yang membutuhkannya, setiap daerah memiliki karakteristik sendiri-sendiri dalam hal jenis makanan sekarang, di lihat dari tingkah laku dan dari segi kebiasaan semua itu dipengaruhi oleh keadaan alamnya dan lingkungan tempat tinggal.
Yang akan kami lakukan dalam proposal ini adalah kebiasaan masyarakat kabupaten Bogor pada khususnya terutama pada kalangan remaja dan anak-anak bahkan pula orang tua yang masih menggemari makanan baru tanpa menghilangkan rasa dan jenis makanan.
Dalam hal ini saya memilih membuat makanan yang terbuat dari bahan Ubi, karena beralasan banyak mengandung protein dan karbon hidrat  sehingga dapat memulihkan stamina tubuh sehingga banyak orang yang suka mengkomsumsi Onde Ubi .

1.2.Tujuan
Adapun tujuan di dirikannya usaha penjualan “ONDE UBI” adalah :
1.      Untuk memenuhi kebutuhan konsumen dalam bidang makanan
2.      Dapat mempermudah pembelian konsumen dapat meningkatkan penjualan
3.      Untuk mengetahui segmen pasar
4.      Untuk menambah ilmu pengetahuan dan wawasan
5.      Mengkaji kelayakan usaha





BAB II
PEMBAHASAN

2.1.  Deskripsi Usaha
Pada dasarnya usaha ini didirikan pada tahun 2010 yang berada di Jl. ………………. KM. 01 tepatnya Kp. …………… Desa ………….. Kecamatan ………….. Kabupaten Bogor. Makanan “Onde Ubi” ini saya tujukan untuk semua kalangan baik tua maupun muda yang sangat membutuhkan luar daerah yang suka kebiasaan mengkonsumsi jenis atau aneka makanan dilihat dari segi peluang ini sangat baik untuk kebutuhan masyarakat karena jenis makanan yang mempunyai rasa istimewa yang enak sehingga mendapat pelanggan yang lumayan besar. Makanan “Onde Ubi” ini kami akan menjualnya dengan cara memasang spanduk jenis usaha yang di jual sehingga pembeli sangat menarik dan mudah mengetahui karena lokasinya dengan dengan jalan raya, untuk harga jual “Onde Ubi” Rp.     Sedangkan harga tersebut sudah di tetapkan karena sebelumnya sudah ada pertimbangan dari semua biaya yang dikeluarkan baik bahan baku ataupun upah Tenaga kerja.
Usaha ini tidak mengharapkan keuntungan yang terlalu besar yang mungkin dapat mencapai ratusan persen untuk mengambil keuntungan yang malah akan mengakibatkan tidak merasa puas pada di dalam diri para konsumen dengan harga yang diberikan oleh produsen tersebut, tetapi usaha ini mengambil keuntungan hanya sebesar     % dari HPP karena usaha ini sangat mementingkan rasa kepuasan konsumen dari apa yang telah diberikan oleh produsen yaitu mutu
-      Cara Pemasaran
 Memaarkan produk kami dengan cara memasarkannya ke warung-warung supaya lebih efisien , dan menguntungkan.
Pemasaran adalah tempat dimana produsen mementingkan konsumen untuk mendapatkan apa yang di inginkan  oleh konsumen dan rasa kepuasan terhadap barang dan jasa yang telah di berikan.
Dengan menggunakan bauran  pemasaran yaitu : 4 P yang meliputi : product, price, place, promotion.
-     Product (produk)
Dengan memberikan produk yang sehat dan tentunya halal, karena produk ini dibuat dari Ubi, bahan yang memenuhi persyaratan dan terjamin kebersihannya tanpa bahan-bahan yang dapat merugikan kedua belah pihak yakni antara produsen dan konsumen yaitu bahan-bahan kimia (borak) atau bahan-bahan pengawet yang sering menjadi bahan pelengkap dalam kecurangan yang di lakukan oleh produsen-produsen nakal.
-     Price (harga)
Dengan memberikan harga yang terjangkau dengan harga per unit onde ubi seharga.
-     Place (tempat)
Tempat ini berada di jalan KH. Abdul Hmid KM. 01 tepatnya Kp. Cisauk Desa Sukamaju Kecamatan Cibungbulang Bogor, tempat ini berada di tempat yang strategis dengan pasilitas yang cukup memadai. Jalan raya yang dimana jarak tersebut di jadikan tempat pemarkiran kendaraan di halaman toko.
-     Promotion (promosi)
Promosi ini dilakukan melalui pemotongan harga dengan membeli onde ubi ini sebanyak 5 bungkus, maka mendapatkan 1 bonus tambahan Onde Ubi dan melalui nama yang terpampang pada bagian mukanya yang berlabel Onde Ubi, dimana masyarakat akan merasa penasaran dengan Onde Ubi di tambah dengan harga-harga yang sangat terjangkau pula, setelah itu/konsumen mengunjungi toko ini/lapak dengan melihat dan membeli kemudian merasakannya.
Dengan memberikan pelayanan dan produk yang berkualitas tanpa menggunakan promosi yang berlebihan dengan mengedarkan selebaran kertas promosi kepada seluruh masyarakat.
Sedangkan  “Onde Ubi” ini tidak menggunakan selebaran kertas untuk promosi, dengan memberikan rasa kepuasan terhadap konsumen dengan apa yang telah di berikan oleh produsen maka promosi ini dapat di lakukan melalui mulut kemulut.
2.2 Deskripsi Produk
Mempunyai kerakter tersendiri dari produk ini dari dulu sampai sekarang ukuran bentuknya tidak pernah berubah, yaitu ukuran bentk dari Onde Ubi ini bulat dan di baurkankelapa di atasnya, dan kali ini saya membuat produk ini dengan bervareasi yang berbeda dari yang lainnya.
Dengan warna warni dari Onde Ubi tersebt mudah-mudahan dengan variasi kali ini mempunyai cita rasa tersendirinya, mempunyai cita rasa tersendirinya, dan masyaarakat menukar dengan produk ini

2.3 Deskripsi Produksi
Bahan Baku
-       Ubi                               - Penggorengan
-       Gula Merah                  - Garam
-       Kelapa                         - Sagu
-       Pewarna Kue/Pasta      - Mika Kue
Pralatan
-       Kompor + gas
-       Wajan
-       Sendok
-       Centong
-       Baskom
-       Sodet
Proses Produksi
Terlebih dahulu ubi di kupas, dan lalu di bersihkan kemudian di rebus. Ubinya di tiriskan buat jadi adonan dan di campur sagu.
Kemudian di aduk sampai halus hingga menjadi adonan, terus di bulat-bulat di isi gula merah di dalam bulatan (adonan tersebut) terus di kukus hingga matang dan di campur atau di baur atasnya atau di lumuri kelapa yang sudah di parut.

2.4 Deskripsi Pemasaran
2.4.1 P.O.A.C
-            Planing (Perencanaan)
Rencana kami akan membuat produk ini ±300-400 biji ubi/Onde Ubi dengan warna yang berbeda dalam 1 mika Onde Ubi tersebut.
-            Organizing
Dengan cukup satu pegawai dari perusahaan kami, dan tak mau berbanya-banyak pegawai karena produk ini kemasannya sangat unik dan kecil, sehingga enteng di bawa kemana-mana.
-            Actuanting
Pelaksanaan suatu dalam pemasaran kali ini di tempatkan dekat dengan jalan raya, toko yaitu bertempat di pinggir jalan raya, sehingga produk ini mudah di jumpai/di temukan oleh semua masyarakat. Dan semanya pasti akan sangat mengenal karena di atas mika di tuliskan bertera nama Onde Ubi.
-            Controling
Sebulan atau 2 minggu sekali mengontrol produk Onde Ubi takut warna tekstur dari pewarna kue tersebut mengalami perubahan, dan pasti akan mengalami rasa yang sangat berbeda/basi.













2.5 Deskripsi keuangan (Finansial)
1.      Penerimaan/Pendapatan
No
Keterangan
Jumlah
Harga (Rp)
1

Penjualan  Onde Ubi
1 Pks

   200.000,00,-


Total
  200.000,00,-

2.      Modal
No
Keterangan
Jumlah
Harga (Rp)
1
2
3
Grobag
Sewa Tempatinvestasi
1 Unit
1 Tahun
1 Tahun
   500.000,00,-
1.000.000,00,-
1.500.000,00,-

Total
3. 000.000,00,-

3.      Investasi
No
Keterangan
Jumlah
Harga (Rp)
1
2
3
4
5
6

Kompor  + gas
Wajan
Sendok
Centong
Baskom
Sodet

1 Unit
1 Unit
1 Unit
1 Unit
1 Unit
1 Unit

  150.000,00,-
50.000,00,-
10. 000,00,-
5. 000,00,-
5. 000,00,-
10. 000,00,-

Total
6 UNIT
230.000,00,-


4.      Tabel Penyusutan biaya Investasi
No
Keterangan
Jumlah
Harga (Rp)
1
2
3
4
5
6

Kompor  + gas
Wajan
Sendok
Centong
Baskom
Sodet

1 Unit
1 Unit
1 Unit
1 Unit
1 Unit
1 Unit

  150.000,00,-
50.000,00,-
10. 000,00,-
5. 000,00,-
5. 000,00,-
10. 000,00,-

Total
230.000,00,-

5.      Biaya Produksi
No
Keterangan
Harga (Rp)
1
2
3
4
Bahan baku
Kemasan
Operasional/Transportasi
Biaya penyusutan
68.000,00,-
10.000,00,-
10.000,00,-
230. 000,00,-

Total
318. 000,00,-
6.      Bahan baku
No
Keterangan
Jumlah
Harga (Rp)
1
2
3
4
5
6
7
Ubi
Gula Merah
Kelapa
Sagu
Pewarna Kue
Mika Kue
Garam
2 Kg
1/2 Kg
2 butir
¼ kg
3 Warna
3 lusin
¼
   30.000,00,-
5. 000,00,-
10. 000,00,-
5000,00,-
6000,00,-
10. 000,00,-
2. 000,00,-

Total
  88. 000,00,-

7.      Rugi/laba
Uraian
Perhari (Rp)
1.  Pendapatan
·     Penjualan Onde Ubi
-          Total Pendapatan
2.  Pengeluaran
·     Fix Cost (Fc)
-          Biaya Penyusutan
-          TFC
·     Variabel Cost (VC)
-          Bahan baku
-          Kemasan
-          Operasional transportasi Tvc


·     Total
·     Ebit

200.000,00
200.000,00


230.000,00
10.000,00

68.000,00
10.000,00
10.000,00 +
88.000,00

98.000,00
102.000,00

H.P.P                    = 
                             = 
                             =  980/unit
Mark Up               =  x 980
                             = 1029,5 à dibulatkan menjadi 1020
H.P                       = H.P.P+ mark up 
                             = 980 + 1020 = 2000
Π dapat                = mark up x unit
                             = 2000 x 100
                             = 200.000,-
Laba bersih           = penerimaan – Tc
                             = 200.000 – 98.000
                             = 102.000       
2.1. Analisis Pengembalian Modal
Paybeck  period          =  
                                   =
                                   = 14,7

Jadi pengembalian modal adalah 14,7 selama satu bulan yang di dapat oleh perusahaan dan perhitungan ebit terdapat pada table rugi/laba.



BAB III
PENUTUP


3.1.  Kesimpulan
Menurut kami usaha ini dapat berkembang dan akan mencapai keberhasilan.  Dengan  cara memasarkanproduk kami kewarung-warung terdsekat supaya efesien. Penghasilan dari penjualan Onde ubi perhari mendapatkan Rp. 200.000 Secara bersihnya Pendapatan penghasilan medapat Rp. 102.000
Kami sadar bahwa usaha ini tidak akan langsung berkembang pesat, tapi kami akan terus berjuang untuk terus menjalakan dan mengembangan usaha ini.

3.2.  Saran   
Dalam penyusunan proposal ini penyusun sangat mengharapkan adanya kritik dan saran, demi menyempurnakan proposal ini.




LAMPIRAN




No comments:

Post a Comment